Sunday, May 13, 2007

pendopo magangan

Setelah memasuki seluruh area kedaton, sebelum sampai di Sri Manganti kidul kita akan jumpai suatu tempat perkantoran, yaitu kantor “Pengageng Parentah Keraton” (kepala pemerintahan keraton) dan Sasono Pustoko, yaitu sebuah tempat untuk menyimpan arsip-arsip dan buku-buku keraton.

Lewat Sri Manganti kidul kita akan jumpai Pendopo Kemagangan. Disinilah tempat para calon prajurit berlatih. Di sekeliling halaman ini ada bangunan-bangunan untuk menempatkan perlengkapan prajurit, seperti keris, pedang, bedil, pistol dan pakaian seragam prajurit untuk hari-hari besar keraton. Di tengah-tengah Magangan ada tempat untuk menyimpan meriam yang dibunyikan pada setiap lebaran.

Di sebelah selatannya ada pelataran lagi yang di kiri kanannya ada perkantoran prajurit, kantor intendans dan lain-lain.

Di tengah-tengah Pendopo Magangan ada bangsal untuk pisowanan Abdi Dalem wanita (keputren). Di bagian luar Sri Manganti kidul terdapat pacaosan Keparak.

kori Gadungmlati, kamandungan dan brojonolo kidul
Keluar dari area Magangan, melalui pintu Kori Gadung Mlathi/ Saleko/ Sembagi kita akan menjumpai pelataran Kamandungan Kidul. Kata Gadungmlati (putih dan hijau) bermakna simbolis hubungan kraton dengan ratu penguasa laut selatan. Saleko bermakna persatuan dengan Sang Hyang Tunggal. Sedangkan kata Sembagi bermakna bersatunya semua warna menjadi warna putih.
Di sebelah selatan kori Gadung Mlathi dapat dijumpai lagi Kori Kamandungan Kidul, pintu masuk kraton dari arah selatan yang dihiasi dengan hiasan dekoratif sarat makna, salah satunya rangkaian melati yang bermakna kesucian. Disekitar pintu ini akan dijumpai lagi pelataran yang bersifat lebih terbuka untuk umum. g
Melewati Kori Kamandungan Kidul akan dapat dijumpai Kori Brajanala kidul. Di sebelah kiri dan kanan Kori Brajanala kidul terdapat bangsal Nyutra dan bangsal Mangundara.

Kemudian ada lagi Supit Urang wetan dan Supit Urang kulon yang di tengah-tengahnya terdapat lagi Siti Hinggil (kidul). Dan akhirnya kita sampai di alun-alun kidul dan terus ke selatan keluar area kraton dari Gapura Gading.

No comments: